TG Telegram Group Link
Channel: ๐”…angtan ๐†ate [VAKUM]
Back to Bottom
Pertama.

Kami poetera dan poeteri indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe tanah Indonesia.

Kedoea.

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga.

Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Berikut tokoh di balik berdiri nya sumpah pemuda.

1. Prof. Mr. Soenari Sastrowardoyo

Prof. Mr. Soenari Sastrowardoyo adalah penasihat panitia dalam merumuskan Sumpah Pemuda dan pembicaranya.

2. J. Leimena

Leimena adalah anggota panitia kongres pemuda II. J. Leimena lahir tahun 1905 di Ambon, Maluku, merupakan mahasiswa aktivis dan ketua dari organisasi pemuda Jong Ambon.

3. Soegondo Djojopoespito

Tidak banyak orang yang tahu pria kelahiran tahun 1905 ini adalah tokoh penting yang memimpin jalannya kegiatan kongres pemuda II di Jakarta sampai menghasilkan ikrar Sumpah Pemuda.

4. Djoko Marsaid

Djoko Marsaid adalah aktivis yang menjadi ketua Jong Java. Pada saat kongres pemuda II, Djoko Marsaid bertindak menjabat sebagai wakil ketua kongres pemuda II.

5. M Yamin

M. Yamin lahir pada 1903 di Minangkabau, yang terkenal sebagai penyair puisi gaya modern di Indonesia. M. Yamin yang memberikan usulan dan mendorong agar bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan dalam ikrar Sumpah Pemuda.

6. Amir Syarifuddin Harahap

Tokoh yang satu ini adalah wakil ketua dari Jong Batak Bond dan aktivis yang sangat anti-Jepang, bahkan Amir juga pernah diancam untuk dihukum mati. Amir memberikan kontribusi ide-ide brilian saat terjadinya perumusan Sumpah Pemuda.

7. W.R Supratman

Tidak hanya dikenal sebagai seorang wartawan, pengarang, dan pencipta lagu Indonesia Raya, W. R. Supratman menjadi tokoh penting dalam peristiwa Sumpah Pemuda.

Pada penutupan kongres pemuda II, W. R. Supratman menunjukkan sebuah lagu instrumental tanpa teks dengan alat musik biola yang menjadi lagu kemerdekaan Indonesia, yaitu Indonesia Raya.

8. S. Mangoensarkoro

Tokoh dengan nama lengkap Sarmidi Mangoensarkoro ini adalah tokoh penting sumpah pemuda yang lahir pada 1904. Saat kongres pemuda I dan II, Sarmidi merupakan aktivis pendidikan.
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
wah sangat mulia perjuangan pahlawan kita, anw selamat hari sumpah pemuda semua!! keep setrong && semangat selalu โค๏ธโค๏ธ๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ’ช๐Ÿป
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
Kami dari seluruh crew dan member ๐”…angtan ๐†ate mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda 1982-2021.

"1 Nusa, 1 Bangsa, 1 Bahasa"

#BersatuBangkitdanTumbuh
#SumpahPemuda
#BangtanGate
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ntuk memperingati sumpah pemuda yang di laksanakan pada tanggal 28 Oktober, seluruh admin Bangtan Gate membuat sebuah event Riddle untuk para member. Berikut ini soalnya
Sugondo:
Rapat Kongres Pemuda II tanggal 27 Oktober telah diselenggarakan. Keputusan sudah dibulatkan, dan hari ini lah keputusan tersebut dikumandangkan. Namun, Moh.Yamin sang sekretaris, si penulis naskah keputusan mengatakan bahwa Naskah tersebut telah hilang dari Meja Kerjanya.

Sugondo pun mulai menanyakan kepada Moh.Yamin, siapa saja yang masuk ke dalam ruangannya selain dirinya. Moh. Yamin mengatakan ada 3 orang yang masuk ke dalam Ruangannya dan dipanggillah mereka. Sugondo pun menyuruh mereka untuk mengatakan yang sejujurnya apa yang mereka lakukan di dalam ruangan Moh.Yamin.

A.K. Gani:
Ya, benar saya memasuki ruangannya, namun bukan saya yang mengambil surat keputusan tersebut. Pun saya juga tidak tahu-menahu dimana letak surat tersebut.

Amir syarifudin:
Saya datang berkunjung membahas perihal keperluan yang akan digunakam untuk hari ini

Mr. Sunario:
Saya hanya datang menyapa lalu pergi

Sugondo:
Setelah pengakuan tersebut, Sugondo kembali memanggil Moh.Yamin masuk ke ruangannya dan mengatakan ke 3 pengakuan itu. Moh.Yamin memberikan 3 Tape Recorder yang merekam percakapannya dengan 3 orang yang masuk ke dalam ruangannya.

Carilah ke-3 Recorder tersebut yang dinamai dengan nama tokoh dalam kongres II.

Clue record I ;

โ€ข Pamekasan, 24 Oktober 1908
โ€ข Pendiri Jong indonesie
โ€ข Pemimpin Redaksi Bintang Timur

@.
Kepada para subs yang ingin menjawab juga boleh jawab di comsect.
Forwarded from Deleted Account
I FOUND IT!! ARGHHHHH /tampak seperti orang stress yang kerasukan/
Akhirnya nemu juga ya ๐Ÿ‘
NASKAH TELAH DITEMUKAN!!!
Sangat luar biasa, selamat kepada Namu
Telah membantu Moh.Yamin mencari naskah tersebut.
Dan yang kita ketahui bahwa hari ini, tanggal 28 oktober merupakan hari Sumpah Pemuda tersebut dikumandangkan, dibacakan dengan lantang.

Selamat hari Sumpah Pemuda.
Kita 1 nusa, kita satu bangsa, dan kita 1 bahasa.
Sekali lagi,
Selamat hari Sumpah Pemuda
๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
halooo ketemu lagi deh sama damar keren spek bidadari jk. ๐Ÿ˜› hari ini damar mau ngonten tentang top 5 gunung tertinggi yang ada didunia! yukk langsung liat ๐Ÿˆ
#๐„๐†๐Ž
Gunung Everest dengan ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut berlokasi di perbatasan Nepal dan Tibet. Inilah gunung tertinggi di dunia.

Ada apa di sana selain jalur sempit dan udara yang dengan oksigen tipis sampai-sampai membuat begitu banyak pendaki dari seluruh dunia ingin menapaki puncaknya di akhir musim semi?

Kira-kira berusia 50 juta tahun, bayi besar ini adalah lempeng tektonik India dan Eurasia terbesar di Pegunungan Himalaya. Ruang tumbuhnya sekitar seperempat inci setahun.

Gunung Everest pertama kali diskalakan pada tahun 1953 dan tetap menjadi tempat sampah tertinggi di dunia. Tahun lalu, 11 orang meninggal karena antrean di Death Zone.

Pendaki butuh waktu selama 45 hari untuk menggapai puncak Everest dengan biaya hingga USD 100 ribu. South Ridge adalah jalur populer di antara 20 rute dan 800 pendaki juga pemandu menggapai puncaknya di tahun 2019.
Gunung Denali memiliki ketinggian 6.190 meter di atas permukaan laut. Gunung itu berada di Alaska tengah selatan.

Puncak tertinggi di Amerika Utara ini sebelumnya bernama Gunung McKinley. Alaska Range sepanjang 965 kilometer ini cukup besar untuk menciptakan pola cuacanya sendiri, seperti angin sekencang 150 mph dan suhu -69 celcius di cuaca yang brutal.

Para ilmuwan mengatakan bahwa ketinggian Gunung Denali masih meningkat, yakni setengah milimeter per tahun. Kalau dalam empat juta tahun nanti gunung ini akan 1,6 kilometer lebih tinggi.

Untuk meraih puncak, Anda harus berlatih gletser terlebih dulu selama 17 hari. Karena, cuaca dan kondisi Gunung Denali masih belum bisa diprediksi.

Sebagian besar pendaki berupaya mencapai puncak melalui jalur Buttress Barat. Pernah suatu waktu sebanyak 600 pendaki ada di puncaknya antara akhir Mei dan awal Juni.
Gunung Elbrus memiliki ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut dan berlokasi di Rusia barat daya. Gunung ini bertengger di Pegunungan Kaukasus yang membagi benua Asia dan Eropa.

Mitos paling terkenal dari Gunung Elbrus adalah tempat di mana Zeus merantai lengan Prometheus karena mencuri api para dewa. Gunung ini tak lagi aktif.

Selama musim pendakian di musim panas, jalur paling populer adalah ke puncak barat Elbrus melalui selatan gunung, tempat kereta gantung berada. Dari sini, pendakian memakan waktu antara enam hingga sembilan jam (turun sekitar tiga jam) dan hanya butuh pemandu berpengalaman juga setidaknya satu minggu aklimatisasi.
HTML Embed Code:
2024/06/03 10:58:29
Back to Top